Okvita, Silvi (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri No 09 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SILVI_OKVITA_93646_1228_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_SILVI_OKVITA_93646_1228_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SILVI_OKVITA_93646_1228_2012.pdf
Download (308kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan, yaitu langkanya penggunaan pendekatan atau model pembelajaran dalam pembelajaran dan minimnya penggunaan sumber alat pembelajaran. Penulis tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran membaca intensif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example. Model pembelajaran Example Non Example ini adalah model pembelajaran yang menggunakan contoh, dapat dari kasus atau gambar yang relevan dengan Kompetensi Dasar (KD). Kondisi ini terlihat dari gejala-gejala yang tampak di lapangan, yaitu: (1) guru jarang menggunakan metode diskusi kelompok, (2) guru kurang menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi, (3) siswa lebih banyak diam terpaku mendengarkan penjelasan guru, (4) siswa masih malu-malu untuk membacakan hasil analisa tentang materi pembelajaran di depan kelas, (5) siswa masih takut untuk mengeluarkan pendapatnya, (6) dan saat menyimpulan hasil pembelajaran, guru kurang melibatkan siswa. Hal ini disebabkan karena guru dalam memberikan pembelajaran membaca intensif lebih banyak berpedoman pada buku teks, sehingga pembelajaran tersebut membosankan bagi siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis pendekatan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di bidang pendidikan dengan materi membaca intensif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas III Sekolah Dasar Negeri No. 09 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, yang siswanya berjumlah 23 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan kemampuan membaca intensif siswa dari tindakan siklus I rata-rata persentase siswa, pada tahap prabaca (aspek afektif) 57% (K), pada tahap saat baca (aspek psikomotor) 57% (K), dan pada tahap pascabaca (aspek kognitif) 52% (K). Setelah tindakan siklus II rata-rata persentase siswa, pada tahap prabaca (aspek afektif) 73% (B), pada tahap saat baca (aspek psikomotor) 83% (SB), dan pada tahap pascabaca (aspek kognitif) 74% (B). Dari hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran membaca intensif dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example bagi siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri No. 09 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Intensif, Model Pembelajaran Example Non Example |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 06:30 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 06:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17761 |