Pengaruh Pembelajaran Penerapan Student Metode Team Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X SMAN 8 Padang

Putra, Adum Kensa (2012) Pengaruh Pembelajaran Penerapan Student Metode Team Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ADUM KENSA PUTRA_88419.pdf] Text
final_B1_6_ADUM KENSA PUTRA_88419.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMA Negeri 8 Padang, masih banyaknya siswa kelas X yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi yang ditetapkan sekolah yaitu 70 yaitu 57,23 % siswa yang berada dibawah KKM dan 42,77 % siswa yang berada di atas KKM. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya yaitu faktor internal dan faktor eksternal, serta metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar dengan Pembelajaran tipe STAD dengan hasil belajar yang tidak menggunakan Pembelajaran Cooperative Learning yaitu pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran tipe STAD dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan metode pembelajaran langsung. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis secara manual untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil tes penelitian di dapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan Pembelajaran tipe STAD yaitu 75,31 sementara siswa yang menggunakan metode pembelajaran langsung lebih rendah yaitu 69,81. Hasil hipotesis dengan menggunakan rumus secara manual di dapati bahwa thitung 2,49 > ttabel (1.672), sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima atau menolak hipotesis nihil (Ho). Hal ini berarti bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada rata rata hasil belajar kelas kontrol

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning tipe STAD, Metode Pembelajaran, Pembelajaran Langsung, Kontrol dan Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:27
Last Modified: 28 Jul 2025 06:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17746

Actions (login required)

View Item
View Item