Alpewari, Arif (2018) Hubungan Antara Motivasi Siswa Mengerjakan Tugas dengan Hasil Belajarnya pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2017/2018. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_ARIF_ALPEWARI_14067013_3462_2018.pdf [thumbnail of final_B1_07_ARIF_ALPEWARI_14067013_3462_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_ARIF_ALPEWARI_14067013_3462_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang berhubungan rendahnya hasil belajar siswa yaitu adanya permasalahan yang menyangkut tentang motivasi siswa dalam mengerjakan tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran gambar teknik kelas XI jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tenik Pemesinan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 61 siswa di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Sampel diambil dari keseluruhan jumlah populasi yang ada dari setiap kelas dengan menggunakan teknik random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 39 siswa. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket model skala Likert yang telah di uji validitas dan realibilitasnya, kemudian mencatat hasil belajar siswa. Data yang dikumpul tersebut dianalisis secara statistik dengan bantuan komputer program SPSS versi 16:00 for windows. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: terdapat hubungan antara motivasi siswa dengan hasil belajar di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Hal ini bisa dilihat pada koefisien korelasi sebesar 0.453 dan juga dapat dilihat pada Tabel r pada lampiran 13 sebesar 0,316. Karena r hitung > dari r tabel, maka terdapatnya hubungan yang signifikan dan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Besar hubunganya adalah 20,5%. Artinya motivasi siswa dalam belajar dapat memberikan hubungan yang berarti dalam peningkatan hasil belajar siswa. Semakin baik motivasi siswa dalam belajar semakin baik pula hasil belajar siswa. Sehingga peneliti menyarankan kepada guru-guru teknik pemesinan khususnya guru mata pelajaran gambar teknik agar lebih memperhatikan motivasi siswa dalam belajar agar nantinya hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik sesuai yang diharapkan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Gambar Teknik |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:42 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 04:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17738 |