Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Energi Listrik Di Kelas VI SDN 20 Lubuk Alung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam.

Mora, Minda (2012) Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Energi Listrik Di Kelas VI SDN 20 Lubuk Alung Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MINDA_MORA_95299_4526_2012.pdf] Text
final_B1_6_MINDA_MORA_95299_4526_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 20 Lubuk Alung bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru, siswa hanya diam mendengarkan, dan kadang-kadang meribut, serta mengganggu teman. Sehingga hasil belajar IPA siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan metode mengajar dengan cara penyajian pembelajaran dimana siswa melakukan percobaan, mengamati prosesnya, serta menuliskan hasil percobaan, kemudian hasil percobaan itu disampaikan ke kelas dan didiskusikan secara tebuka di depan kelas. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 20 Lubuk Alung kecamatan Ampek Nagari. Penelitian tindakan kelas (Classroom action research) ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat. Data penelitian berupa proses dan hasil belajar yang diperoleh dari pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen. Langkah metode eksperimen terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tindak lanjut. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SDN 20 Lubuk Alung. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 20 Lubuk Alung. Perolehan skor rata-rata aspek kognitif, afektif, psikomoto, penilaian RPP, penilaian aspek guru, dan penilaian aspek siswa pada siklus I sebesar 68%, 68% 69%, 64%, 67%, dan 68%. siklus II sebesar 80%, 79%, 78%, 79%, 77% dan 79%. Dari hasil belajar pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa 68%, dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 80%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Hasil belajar siswa, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:15
Last Modified: 28 Jul 2025 04:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17719

Actions (login required)

View Item
View Item