Pembelajaran Apresiasi Seni Musik Kelas VII di SMP N 18 Padang

Amriani, Jeni (2013) Pembelajaran Apresiasi Seni Musik Kelas VII di SMP N 18 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_JENI_AMRIANI_12471_3836_2013.pdf] Text
B1_6_JENI_AMRIANI_12471_3836_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran seni musik yang merupakan bagian dari mata pelajaran seni budaya dan termasuk kedalam kelompok mata pelajaran estetika memiliki tujuan pembelajaran dan pelaksanaannya diatur oleh pemerintah. Tujuan pembelajaran
seni musik itu yaitu mampu mengapresiasi dan mengekspresi karya seni musik lagu daerah setempat untuk kelas VII SMP sederajat. Dari kenyataan yang peneliti temukan di SMP N 18 Padang kelas VII, banyak diantara siswa di setiap kelas
yang nilai ujiannya dibawah KKM (75). Sehingga Tujuan dari penelitian ini,yaitu untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran apresiasi terhadap seni musik di SMP N 18 Padang. Jenis penelitian ini digolongkan kepada evaluasi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dimana peneliti mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni musik materi apresiasi yang telah berlangsung dan sedang berlangsung pada waktu penelitian dengan aturan pelaksanaan pembelajaran yang seharusnya dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005, UU No. 20 Tahun 2003 dan Peraturan Menteri No. 22 dan 23 Tahun 2006 dengan metode deskriptif,yaitu menggambarkan suatu keadaan sebagaimana mestinya. Yang menjadi objek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran apresiasi seni musik yang telah dilaksanakan oleh siswa dan guru pada semester I dan yang sedang dilaksanakan pada semester II waktu penelitian. Dianggap perlunya melakukan penelitian ini karena rendahnya hasil belajar siswa berupa ujian Mid semester yang lebih dari
50% siswa dalam setiap kelas tidak mencapai KKM (75). Sedangkan hasil belajar merupakan alat ukur untuk menguji tercapai atau tidaknya tujuan dari pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rendahnya nilai siswa disebabkan karena perencanaan pembelajaran yang belum matang oleh guru yang terlihat dari RPP guru yang sulit dipahami, dan pelaksanaan pembelajaran yang seharusnya sudah dirancangan oleh pemerintah, untuk mata pelajaran seni budaya khususnya seni musik terkait dengan materi Standar Kompetensi Apresiasi terhadap seni musik di SMP N 18 Padang tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya yang telah
diatur. Bahwasanya pembelajaran seni musik menurut Peraturan Menteri No. 23 Tahun 2006, siswa mampu untuk mengapresiasi dan mengekspresi karya seni musik, pada pelaksanaannya di SMP N 18 Padang, materi terkait Standar Kompetensi apresiasi tidak mendukung bagaimana siswa benar-benar mampu
mengapresiasi, melainkan berupa materi mengidentifikasi alat musik,mengidentifikasi jenis lagu yang jelas sangat berat bagi siswa SMP kelas VII.Sehingga karena beratnya materi membuat siswa tidak mampu untuk menjawab soal ujian dan menyebabkan hasil belajar siswa selalu rendah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:13
Last Modified: 28 Jul 2025 04:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17711

Actions (login required)

View Item
View Item