Vemini, Miming (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas IV SDN 02 Lubuk Malako Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MIMING_VEMINI_10003_3448_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_MIMING_VEMINI_10003_3448_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MIMING_VEMINI_10003_3448_2016.pdf
Download (769kB)
Abstract
Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran IPA yaitu hasil belajar siswa rendah karena dalam pembelajaran guru belum melibatkan siswa menemukan konsep materi pembelajaran. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Inkuiri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari 4 prosedur yaitu perencanaan, pelaksanaan, hasil pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I dilaksanakan dengan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dengan satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Lubuk Malako. Data yang diperoleh melalui observasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan a) yakni RPP pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 80,35% (Baik) pada siklus II menjadi 96,42% (Sangat Baik), b) pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru pada siklus I memperoleh nilai 77,08% (Baik) pada siklus II menjadi 95,83% (Sangat Baik), dari segi aspek siswa pada siklus I memperoleh nilai 72,91% (Baik) pada siklus II menjadi 91,66% (Sangat Baik), c) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai 73,93 (cukup) pada siklus II menjadi 84,63 (Baik). Dengan demikian, Metode Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 02 Lubuk Malako Kecamatan Sangir Jujuan Kabupaten Solok Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Inkuiri, Hasil belajar siswa, Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:48 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17710 |