Deskripsi Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI pada Materi Hidrolisis Garam Di SMA N 8 Padang

Ardhiana, Ardhiana (2016) Deskripsi Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI pada Materi Hidrolisis Garam Di SMA N 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_ARDHIANA_1101483_6052_2016.pdf] Text
final_B1_07_ARDHIANA_1101483_6052_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan salah satu hasil belajar siswa yang termasuk dalam kategori psikomotorik yang penilaiannya belum dilakukan secara optimal. Keterampilan proses sains siswa perlu diketahui oleh guru untuk ditindaklanjuti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan pada siswa kelas XI IPA di SMA N 8 Padang yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015-2016. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes tertulis berupa tes essay. Keterampilan proses sains yang dilihat terbagi dalam kategorikan belum ada, ada tetapi tidak sesuai, serta ada dan sesuai. Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan metode praktikum dan metode praktikum belum mampu mengembangkan keterampilan proses sains siswa secara optimal. Keterampilan bertanya, komunikasi dan menerapkan konsep belum ada dengan nilai masingmasing 35,5; 40,83 dan 44,5. Keterampilan yang ada dan sesuai yaitu keterampilan investigasi/merencanakan percobaan dan observasi dengan nilai 77,5 dan 79,5. Sedangkan keterampilan klasifikasi, interpretasi, hipotesis, menyimpulkan dan memprediksi ada tetapi tidak sesuai dengan nilai masing-masing 62,75; 51; 59,5; 59,5 dan 65

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains, Hidrolisis Garam, Praktikum, Psikomotorik
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:48
Last Modified: 28 Jul 2025 03:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17709

Actions (login required)

View Item
View Item