Nengrawati, Nengrawati (2016) Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat di Sekolah Dasar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NENGRAWATI_52160_1286_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_NENGRAWATI_52160_1286_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NENGRAWATI_52160_1286_2016.pdf
Download (476kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah, ditemukannya permasalahan pada pembelajaran IPS yaitu bahwa guru lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa kurang terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran, hal ini terlihat pada saat siswa menganalisa masalah yang ditemukan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan bagaimana rencana, pelaksanakan dan hasil belajar pada pembelajaran IPS dengan pendekatan Sains Teknlogi Masyarakat (STM) di kelas IV SD Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2014/2015. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada pembelajaran IPS di kelas IV. Hal ini dapat dilihat dari: Hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 76,78% pada kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik. Ini juga terlihat dari pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 78,13% pada kualifikasi baik, meningkat menjadi 90,62% dengan kualifikasi sangat baik pada silus II dan dari aspek siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,44% pada kualifikasi baik meningkat menjadi 90,62% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Hasil belajar siswa pada hasil penelitian Siklus I 71,60% pada kualifikasi baik meningkat menjadi 81,15% dengan kualifikasi sangat baik pada Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, baik dari aspek guru, aspek siswa, maupun hasil belajar siswa. Jadi penggunaan pendekatan STM pada pembelajaran IPS berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran IPS, pendekatan Sains Teknologi Masyarakat, SD, pendidikan dasar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 04:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17708 |