Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Pecahan dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas V SD N 33 VII Koto Padang Pariaman

Fernandes, Mimik (2013) Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Pecahan dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas V SD N 33 VII Koto Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MIMIK_FERNANDES_07601_3487_2013.pdf] Text
final_B1_6_MIMIK_FERNANDES_07601_3487_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran perkalian pecahan di kelas V SD N 33 VII Koto Padang Pariaman masih berpusat pada guru dan belum memulai pembelajaran perkalian pecahan dengan masalah realistic sebagai titik awal pembelajaran. Hal ini sesuai dengan aspek-aspek Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Oleh karena itu, peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar perkalian pecahan dengan Pendekatan RME. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pendekatan yang digunakan pada pendekatan ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I dua kali pertemuan, siklus II satu kali pertemuan. Prosedur penelitian dilakukan dalam 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Subjek yang diteliti terdiri dari 15 orang siswa di kelas V SD N 33 VII Koto Padang Pariaman. Persentase rata-rata nilai hasil penelitian yang diperoleh setelah menggunakan pendekatan RME sebagai berikut: perencanaan siklus I 83 % meningkat pada siklus II yaitu 94 %. Sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 77 %, pada siklus II 94 %. Rata-rata nilai hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I hasil belajar kognitif 72,50 disiklus II menjadi 83,33. Hasil belajar afektif siklus I 74,99 disiklus II menjadi 89,20. Untuk hasil belajar psikomotor di siklus I 74,63 siklus II menjadi 87,80. Dapat disimpulkan pembelajaran perkalian pecahan dengan pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD N 33 VII Koto Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HasilBelajar, Perkalian Pecahan, Pendekatan RME
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:43
Last Modified: 28 Jul 2025 03:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17705

Actions (login required)

View Item
View Item