Febriyenti, Neneng (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV SDN 06 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NENENG_FEBRIYENTI_57137_425_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_NENENG_FEBRIYENTI_57137_425_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NENENG_FEBRIYENTI_57137_425_2013.pdf
Download (811kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru dan model pembelajaran yang digunakan pada umumnya bersifat konvensional, sehingga proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa dan hasil belajar yang dicapai kurang memuaskan. Berdasarkan data nilai ulangan harian PKn kelas IV, masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah standar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran PKn dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw yang meliputi (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, dan (3) Hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari tiga kali pertemuan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N 06 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Data penelitian berupa proses dan hasil belajar yang diperoleh dari pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa pada akhir tindakan. Untuk penilaian RPP memperoleh nilai rata-rata 78,5% pada siklus I meningkat menjadi 92,85% pada siklus II. Untuk penilaian aktivitas guru mendapat nilai rata-rata 78,12% pada siklus I meningkat menjadi 91 % pada siklus II. Pada aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 73,44% pada siklus I meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Dari hasil belajar siswa ketuntasan yang semula memperoleh nilai rata-rata 72,60 % pada siklus I meningkat menjadi 81,25 % pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan hasil belajar, pembelajaran PKn, model kooperatif tipe Jigsaw, kelas IV, SDN 06 Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:43 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17703 |