Sari, Mimi Kumala (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 12 Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MIMI KUMALA SARI_93807_5471_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_MIMI KUMALA SARI_93807_5471_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MIMI KUMALA SARI_93807_5471_2012.pdf
Download (472kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa guru dalam proses pembelajaran IPS hanya menjelaskan materi pembelajaran, kurang melibatkan siswa secara langsung menemukan sendiri dan mengembangkan pengetahuan yang dimiliki siswa, sehingga siswa menjadi bosan, kurang aktif dan tidak termotivasi saat pembelajaran dan hasil belajar siswa rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS diadakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanakan dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode problem solving pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012 di SD Negeri 12 Pisang Kota Padang, dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD terteliti. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 12 Pisang. Hal ini terlihat dari: Hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 73,21% meningkat pada siklus II menjadi 90,56%. Ini juga terlihat dari pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 68,74 meningkat menjadi 90,97% pada silus II dan dari aspek siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 67,36% meningkat menjadi 88,16% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada hasil penelitian (1) ranah kognitif terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 64,76 pada siklus I menjadi 78,93 pada siklus II, (2) pada ranah afektif meningkat dari nilai rata-rata 68,82 pada siklus I menjadi 81,37 pada siklus II dan (3) pada ranah psikomotor meningkat dari nilai ratarata 66,28 pada siklus I menjadi 80,05 pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Problem Solving, Hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:43 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17701 |