Sriwahyuni, Ridha (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dengan Menggunakan Model Inside-Outside Circle (IOC) di kelas IV SD Negeri 08 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RIDHA_SRIWAHYUNI_11926_3792_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_RIDHA_SRIWAHYUNI_11926_3792_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RIDHA_SRIWAHYUNI_11926_3792_2013.pdf
Download (511kB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat kepada guru dan dalam pembelajaran siswa tidak diberi kesempatan berbagi dan bertukar informasi sehingga pembelajaran menjadi pasif dan membosankan. Akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Inside-Outside Circle (IOC) di kelas IV SD Negeri 08 Padang Besi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 08 Padang Besi dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Alur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil penilaian perencanaan siklus I 85,41% dan siklus II 95,83%, aktivitas guru siklus I 70,19% dan siklus II 86,54%, aktivitas siswa siklus I 72,07% dan siklus II 88,46%. Hasil belajar siswa siklus I kognitif 61,79,afektif 77,28, dan psikomotor 69,20 dan siklus II kognitif 79,41, afektif 82,14 dan psikomotor 75,47. Rata-rata hasil belajar siklus I 69,41 dengan persentase ketuntasan belajar 46,43% dan meningkat pada siklus II menjadi 78,25 dengan persentase ketuntasan belajar 85,71%. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan Model IOC dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 08 Padang Besi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,IPS,IOC |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:42 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17691 |