Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) di kelas V SD Negeri 12 Kampung Durian

Pebriatmy, Nely (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) di kelas V SD Negeri 12 Kampung Durian. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NELY_PEBRIATMY_90355_1986_2013.pdf] Text
final_B1_6_NELY_PEBRIATMY_90355_1986_2013.pdf

Download (972kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa. Hal ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menulis karangan narasi siswa. Salah satu faktor penyebabnya rendahnya hasil belajar siswa ialah pembelajaran masih secara konvensional sehingga menimbulkan kejenuhan pada diri siswa dan akhirnya berdampak negatif pada kemampuan menulis karangan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan penulisan narasi melalui pendekatan Contextual Teaching Learning dengan menggunakan tahap prapenulisan, penulisan dan pascapenulisan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 12 Kampung Durian yang berjumlah 21 orang. Data penelitian diperoleh melalui teknik pencatatan lapangan dan hasil karya siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 12 Kampung Durian Kecamatan Padang Timur Padang, penggunaan pendekatan CTL terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa SDN 12 Kampung Durian. Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi ini dapat dilihat pada siklus 1 sebagai berikut : prapenulisan dari 50% menjadi 60%, saat penulisan dari 40% menjadi 55% dan pascapascapenulisan dari 45 % menjadi 50%. Sedangkan pada siklus II, pada prapenulisan dari 60% menjadi 76%, saat penulisan dari 55% menjadi 75% dan pascapenulisan dari 50% menjadi 78% serta dari kualitas karangan yang dihasilkan siswa 75%, baik dari penetapan tema, penetapan tujuan, pengelompokan ide/gagasan, pembuatan kerangka karangan dan pengembangan kerangka karangan menjadi karangan utuh. Selain itu, dari segi penggunaan huruf kapital, tanda baca, ide/gagasan yang dikemukakan, dan keruntutan kalimat yang digunakan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis narasi, pendekatan CTL, SD Negeri 12 Kampung Durian, Padang Timur.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:42
Last Modified: 28 Jul 2025 03:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17689

Actions (login required)

View Item
View Item