Maharani, Milla (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Learning Start With A Question Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 27 Kinali. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_Milla _Maharani_17129230_1959_2022.pdf [thumbnail of final_B1_6_Milla _Maharani_17129230_1959_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_Milla _Maharani_17129230_1959_2022.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat bertanya peserta didik. Permasalahan ini terjadi dalam proses belajar mengajar diantaranya peserta didik kurang memahami materi, kurang berantusiasnya peserta didik dalam menerima pelajaran, kurangnya inovasi strategi dalam belajar sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada pelaksanaannya penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di semester II tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 27 Kinali Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Learning Start with A Question menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu: 1) Penilaian RPP siklus I rata-rata 72,22% dengan kualifikasi cukup. Meningkat pada siklus II menjadi 88,88% dengan predikat baik. 2) penilaian pada aspek guru siklus I rata-rata 66,66% dengan predikat cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 83,33% dengan predikat baik. 3) penilaian pada aspek peserta didik siklus I rata-rata 66,66% dengan predikat cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 83,33 dengan predikat baik. 4) penilaian pada aspek pengetahuan dan keterampilan siklus I rata-rata 67,40% dengan predikat cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 80,99% dengan predikat baik. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan strategi Learning Start with A Question dapat meningkatkan hasil belajar peserta pada di kelas IV SDN 27 Kinali.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ematik Terpadu, Hasil Belajar, Strategi Learning Start With A Question. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:32 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17684 |