Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Strategi Quantum Teaching di Kelas IV SDN 27 Cangkiang Kec. Ampek Angkek

Fitri, Ridha Ahsanul (2013) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Strategi Quantum Teaching di Kelas IV SDN 27 Cangkiang Kec. Ampek Angkek. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIDHA_AHSANUL_FITRI _01344_689_2014.pdf] Text
final_B1_6_RIDHA_AHSANUL_FITRI _01344_689_2014.pdf

Download (789kB)

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam denBerdasarkan hasil observasi pembelajaran IPA di kelas IV SDN 27 Cangkiang Kec. Ampek Angkek ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru belum menciptakan pembelajaran IPA yang efektif dan menyenangkan. Siswa hanya diajarkan teori tanpa melakukan percobaan sederhana terstruktur dan tidak dibimbing menerapkan konsep yang telah dipelajarinya. Untuk mengatasi hal ini maka penulis melalui penelitian ini melakukan tindakan dengan menerapkan strategi Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar. Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi dan format penilaian proses dan hasil. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV SDN 27 Cangkiang Kec. Ampek Angkek. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini menunjukkan peningkatan. Kemampuan guru merancang pembelajaran pada siklus 1 dari 76,78% meningkat pada siklus 2 menjadi 89,28%. Aktivitas guru pada siklus 1 dari 80,55% meningkat pada siklus 2 menjadi 87,50%. Aktivitas siswa pada siklus 1 dari 75% meningkat pada siklus 2 menjadi 86,11%. Selain itu hasil belajar siswa pada siklus 1 dari 76,83% meningkat pada siklus 2 menjadi 86,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar sisiwa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 27 Cangkiang Kec. Ampek Angkek.an Menggunakan Strategi Quantum Teaching di Kelas IV SDN 27 Cangkiang Kec. Ampek Angkek

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Strategi Quantum Teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:29
Last Modified: 28 Jul 2025 03:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17682

Actions (login required)

View Item
View Item