Melvanila, Melvanila (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di kelas IV SDN 18 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NELVANILA_52395_140_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_NELVANILA_52395_140_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NELVANILA_52395_140_2013.pdf
Download (551kB)
Abstract
Penelitian dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran masih didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Hasil belajar IPA siswa masih rendah, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme di kelas IV SDN 18 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif, terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus dua pertemuan, meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 18 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan dilakukan dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I dengan nilai rata-rata 78 dengan kriteria cukup dan siklus II nilai rata-rata 91 dengan kriteria sangat baik. Pelaksanaan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan nilai rata-rata pada aspek guru 76 dengan kriteria cukup pada siklus I dan 86 kriteria baik pada siklus II sedangkan pada aspek siswa nilai rata-rata 75 dengan kriteria cukup pada siklus I dan pada siklus II 90 dengan kriteria sangat baik. Penilaian rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama 73 dan pada pertemuan kedua menjadi 76, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama meningkat menjadi 82 dan pertemuan kedua 86. Hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 18 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan hasil belajar IPA, pendekatan konstruktivisme, kelas IV, SDN 18 Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:29 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17677 |