Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV SDN 07 Ulak Karang Selatan Padang

Sari, Mila Yudia (2010) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV SDN 07 Ulak Karang Selatan Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MILA_YUDIA_SARI_90847_747_2012.pdf] Text
final_B1_6_MILA_YUDIA_SARI_90847_747_2012.pdf

Download (210kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa nilai Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kurang memuaskan, penyebabnya adalah guru kurang tepat dalam menerapkan metoda. Penggunaan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw merupakan salah satu alternatif untuk memecahkan masalah ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan pendekatan cooperative learning tipe Jigsaw Pada Pembelajaran PKn di Kelas IV SDN 07 Ulak Karang Selatan Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini meliputi: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan cooperative learning tipe Jigsaw adalah: (1) Membaca. Siswa menerima topik ahli berupa LDK, tanpa petunjuk yang jelas dan materi (wacana), dan membacanya untuk menemukan informasi. (2) Diskusi kelompok-ahli. Siswa dengan keahlian yang sama bertemu untuk mendiskusikannya dalam kelompok-kelompok ahli. Siswa diberi buku rujukan. (3) Laporan tim. Para ahli kembali ke dalam kelompok mereka masing-masing untuk mengajarkan topik-topik mereka kepada teman satu tim. (4) Tes. Siswa mengerjakan kuis-kuis individual yang mencakup semua topik. (5) Rekognisi tim. Skor tim dan skor kemajuan individual dihitung setiap melakukan kuis. Hasil penelitian dapat dilihat dari rancangan dan pelaksanaan pembelajaran serta hasil belajar pada siklus I dengan rata-rata nilai 88,4, dan hasil belajar siklus II dengan rata-rata nilai 94,2 dari 25 orang siswa, sedangkan standar nilai yang ditetapkan 65. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: pendekatan cooperative learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 07 Ulak Karang Selatan Padang. Kemudian dari angket respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran menunjukkan respon yang sangat positif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Cooperative Learning, Tipe Jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:29
Last Modified: 28 Jul 2025 03:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17674

Actions (login required)

View Item
View Item