Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Pendekatan Proses Membaca di Kelas IV SDN 20 Talawi Kecamatan Koto XI Tarusan

Susanti, Nelly (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Pendekatan Proses Membaca di Kelas IV SDN 20 Talawi Kecamatan Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NELLY_SUSANTI_57030_4811_2012.pdf] Text
final_B1_6_NELLY_SUSANTI_57030_4811_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataaan dilapangan SDN 20 Talawi, bahwa dalam proses pembelajaran siswa belum menggunakan tekhnik yang tepat dalam membaca pemahaman. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan pendekatan proses membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan Pendekatan proses membaca pada tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Terdapat 8 langkah pendekatan proses membaca yaitu: 1) Purpose questions, 2) Predicting, 3) Previews, 4) Creative drama, 5) Metakognitif, 6) Guiding questions, 7) Retelling, 8) Questions. Hasil penilaian penelitian siklus I menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa pada tahap prabaca 66,2, pada tahap saatbaca 65, dan pada tahap pascabaca 60, persentasi hasil pembelajaran siswa siklus I adalah 69,7%. Pada siklus II ketercapaian yang diperoleh siswa pada tahap prabaca 86,5, pada tahap saatbaca 90, dan pada tahap pascabaca 79, persentasi hasil pembelajaran siswa siklus II adalah 85. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa keterampilan membaca pemahaman dapat meningkat dengan persentasi peningkatan 15,3%, karena dalam proses pembelajaran membaca guru sudah menggunakan tahaptahap yang sesuai dengan proses pembelajaran membaca yaitu tahap prabaca, saatbaca, dan pasca baca. Dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui pendekatan proses membaca dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan keterampilan membaca, pemahaman, pendekatan proses membaca, kelas IV, SDN 20 Talawi, Kecamatan Koto XI Tarusan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:27
Last Modified: 28 Jul 2025 03:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17671

Actions (login required)

View Item
View Item