Ameliya, Ricci (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Snowball Throwing di Kelas IV SDN 17 Gobah Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RICCI_AMELIYA_95290_1873_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_RICCI_AMELIYA_95290_1873_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RICCI_AMELIYA_95290_1873_2016.pdf
Download (677kB)
Abstract
Berdasarkan observasi peneliti di kelas IV SDN 17 Gobah Kecamatan Canduang pada pembelajaran IPS semester I tahun pelajaran 2014/2015, guru belum melibatkan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran yang menyebabkan siswa pasif daalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, diberikan solusinya dengan menggunakan Model Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Kegiatan pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran siklus I pertemuan 1 adalah 71,88% (cukup), siklus I pertemuan 2 adalah 78,13% (baik), siklus II pertemuan 1 adalah 84,38% (baik), siklus II pertemuan 2 adalah 93,75% (sangat baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aktifitas guru siklus I pertemuan 1 adalah 68,18% (cukup), siklus I pertemuan 2 adalah 77,27% (baik), siklus II pertemuan 1 adalah 86,36% (sangat baik), siklus II pertemuan 2 adalah 93,18% (sangat baik). Pada aktifitas siswa siklus I pertemuan 1 adalah 66,63% (cukup), siklus I pertemuan 2 adalah 71,88% (cukup), siklus II pertemuan 1 adalah 84,38% (baik), siklus II pertemuan 2 adalah 93,54% (sangat baik). Selanjutnya hasil belajar siswa siklus I pertemuan 1 adalah 69,21%, siklus I pertemuan 2 adalah 74,26%, siklus II pertemuan 1 adalah 78,77%, siklus II pertemuan 2 adalah 80,48%. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Snowball Throwing di kelas IV SDN 17 Gobah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Snowball Throwing |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:17 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17669 |