Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Dengan Model Cooperative lerning Tipe Number Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Batang Gasan Kecamatan Batang Gasan Kabupaten Padang

Rianis, Rianis (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Dengan Model Cooperative lerning Tipe Number Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Batang Gasan Kecamatan Batang Gasan Kabupaten Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIANIS_52505_6010_2015.pdf] Text
final_B1_6_RIANIS_52505_6010_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasar kan hasil Observasi di Sekolah Dasa SDN 03 Batang Gasan,Guru belum menerapkan teknik dan metode pembelajaranyang bervariasi,Guru kurang kreatif untuk melakukan perubahan model pembelajaran,khusus nya model pembelajaran cooperrative tipe numbered head together yang selama ini belum pernah dilaksanakn.Berdasarkan pengamatan peneliti ditemukan hasil belajar PKN siswa masih rendah,Tujuan penelitian inadalah untuk meningkatkan hasil belajaran PKN Melalui Model Cooperatileernings Tipe Number Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Batang Gasan Kabupaten Padang Pariaman. . Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 batang gasan dengan subjek penelitiansiswa kelas IV yang brjumlah 15 orang,Guru (Obsever )dan peneliti.Penelitimenggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Jenis penelitian adalahpenelitian tindakan kelas (PTK),yang dilaksanakan dalam 4 tahap:perencanaan,pelaksanan,pengamatan dan refleksi.Data penelitian ini berupahasil pengamatan dan hasi tes. Dari nilai rata-rata hasil belajar PKN dengan menggunakan Model Cooperatilearning Tipe Number Head Together pada siklus I dan siklus II mengalamipeningkatan.Dari pengamatan RPP siklus 1 adalah 64,2% siklus II adalah 89,28%.Aspek guru siklus 1 adalah 79% siklus II 95,83% dan Aspek siswa siklus1 adalah 63% dan siklus II 91,66%. Dari Siswa Kelas IV SD Negeri 03 BatangGasan Kabupaten Padang Pariaman adalah 15 Orang, jumlah laki-laki 5 orang dan perempuan 10 orang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaranPKN dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 03Batang gasan .

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Cooperative lerning Tipe Number Head Together
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:17
Last Modified: 28 Jul 2025 03:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17666

Actions (login required)

View Item
View Item