Pembuatan Handout Bermuatan Kecerdasan Komprehensif untuk Materi Pengukuran, Penjumlahan Vektor, dan Gerak Lurus pada Siswa Kelas X SMA

Monica, Thresia (2016) Pembuatan Handout Bermuatan Kecerdasan Komprehensif untuk Materi Pengukuran, Penjumlahan Vektor, dan Gerak Lurus pada Siswa Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_THRESIA_MONIKA_1106295_1817_2016.pdf] Text
B1_05_THRESIA_MONIKA_1106295_1817_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perubahan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013 merupakan upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Keberhasilan kurikulum 2013 ditentukan oleh pelaksana kurikulum itu sendiri, yaitu guru, siswa dan segala perangkat pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran. Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran sebaiknya mampu mempersiapkan bahan ajar yang dapat menunjang kompetensi yang hendak dicapai sesuai Kurikulum 2013. Kenyataannya bahan ajar yang ada umumnya baru menekankan aspek pengetahuan saja, sedangkan Kurikulum 2013 menuntut aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, deskripsi, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan handout bermuatan kecerdsan komprehensif pada kelas X SMA. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan untuk uji coba terbatas adalah sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Objek penelitian yaitu handout bermuatan kecerdasan komprehensif. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa lembar validasi tenaga ahli, lembar uji kepraktisan, lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil belajar, lembar observasi nilai sikap spiritual, lembar observasi nilai sikap sosial, dan lembar penilaian keterampilan siswa. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk, dan analisis keefektifan produk. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil penelitian. Pertama, handout memiliki validitas tinggi dengan nilai rata-rata 91. Kedua, nilai kepraktisan handout bermuatan kecerdasan komprehensif menurut guru dan siswa masing-masing adalah 89,3 dan 81. Handout bermuatan kecerdasan komprehensif efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan, menumbuhkan karakter dan meningkatkan keterampilan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: handout; kecerdasan komprehensif; pengukuran; penjumlahan vektor; gerak lurus; pembelajaran fisika
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:16
Last Modified: 28 Jul 2025 03:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17661

Actions (login required)

View Item
View Item