Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Media Puzzle di Kelas IV SD Negeri 44 Padang Mardani Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam

Neliwati, Neliwati (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Media Puzzle di Kelas IV SD Negeri 44 Padang Mardani Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NELIWATI_52433_3239_2016.pdf] Text
final_B1_6_NELIWATI_52433_3239_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru dalam pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang menarik dan pemelajaran masih didominasi dengan metode ceramah. Hal ini menyebabkan siswa bosan mengikuti pembelajaran dan ketika belajar siswa banyak pasif sehingga hasil belajar IPS siswa rendah dan tidak memenuhi standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS dengan media puzzle di kelas IV SDN 44 Padang Mardani Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur: perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, refleksi dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes, tahap-tahap pembelajaran media puzzle, dan tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode belajar kelompok. Subjek dan sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 44 Padang Mardani dengan jumlah siswa 22 orang dan guru, peneliti berperan sebagai praktisi serta guru kelas berperan sebagai observer.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) perencanaan siklus I 80,35% dengan kriteria sangat baik meningkat pada siklus II menjadi 96,42% kriteria sangat baik, b) pelaksanaan siklus I aspek guru 78% kriteria sangat baik meningkat pada siklus II menjadi 93,75% kriteria sangat baik dan aspek siswa siklus I 70,31 kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 87,5% kriteria sangat baik, dan c) hasil belajar siswa siklus I dengan rata-rata73,38, meningkat pada siklus II menjadi 77,88. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar IPS, media puzzle, SD Negeri 44 Padang Mardani, Lubuk Basung, Agam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:16
Last Modified: 28 Jul 2025 03:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17656

Actions (login required)

View Item
View Item