Hardi, Sherly Eka Yetty (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam i Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) di kelas V SD Negeri 06 Simpang Haru Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SHERLY_EKA_YETTY_HARDI_18078_3890_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_SHERLY_EKA_YETTY_HARDI_18078_3890_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SHERLY_EKA_YETTY_HARDI_18078_3890_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran yang dilakukan belum menggunakan model yang inovatif dan pembelajaran masih berpusat kepada guru sehingga siswa banyak yang pasif dan bosan mengikuti pelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar IPS siswa rendah dan tidak memenuhi standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS dengan model Kooperatif tipe TPS di kelas V SDN 06 Simpang Haru Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian meliputi rencana, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan dilakukan secara kerjasama antara peneliti dan observer. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tahap-tahap model Kooperatif tipe TPS, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) perencanaan siklus I 80,35% dan siklus II 96,43%, b) pelaksanaan siklus I aspek guru 78% dan siklus II 93,75% dan aspek siswa siklus I 70,31% dan siklus II 87,5%, dan c) hasil belajar siswa siklus I dengan rata-rata 73,34 , dan siklus II meningkat menjadi 79,70. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:16 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17655 |