Pengaruh Penerapan Model CLIS terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit di SMAN 1 Padang

Aulia, Annisa (2020) Pengaruh Penerapan Model CLIS terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit di SMAN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_ANNISA_AULIA_16035100_1577_2020.pdf] Text
final_B1_07_ANNISA_AULIA_16035100_1577_2020.pdf

Download (972kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan Randomized Control-Group Posstets Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Kedua kelas sampel ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar pada aspek kognitif dalam bentuk soal piliha n ganda. Hipotesis penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Children Learning In Science memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X MIA di SMA Negeri 1 Padang. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 85,29 dan kelas kontrol sebesar 78,43. Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 didapatkan bahwa harga t hit ung > t t abel . Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektroli dan non elektrolit kelas X MIA di SMA Negeri 1 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Children Learning in Science (CLIS), Hasil Belajar, Randomized Control-Group Posstets Only Design
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:16
Last Modified: 28 Jul 2025 03:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17653

Actions (login required)

View Item
View Item