Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Quantum Learning di Kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP

Arifa, Mila (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Quantum Learning di Kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MILA_ARIFA_11912_6161_2014.pdf] Text
final_B1_6_MILA_ARIFA_11912_6161_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPS di Kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP masih menggunakan pendekatan yang kurang melibatkan interaksi yang aktif dalam pembelajaran. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu kurang dari KKM yang ditetapkan yaitu 69. Oleh karena itu penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP pada pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan quantum learning. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan Jenis penelitian ini yaitu PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP dengan jumlah siswa 18 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi,(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil tes siswa pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan pengamatan pada RPP siklus I adalah 82,14% dan meningkat pada siklus II menjadi 89,28%. Hasil pengamatan pada aspek guru siklus I adalah 80,55% dan meningkat pada siklus II menjadi 86,11%. Hasil pengamatan pada aspek siswa siklus I yaitu 77,77% dan meningkat pada siklus II menjadi 86,11%. Selanjutnya, peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I yaitu 76,90 meningkat pada siklus II menjadi 82,95. Jadi dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SD Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Quantum Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:15
Last Modified: 28 Jul 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17652

Actions (login required)

View Item
View Item