Nofriani, Ria (2015) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Di Kelas I SD Negeri 25 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RIA_NOFRIANI_1108350_2825_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_RIA_NOFRIANI_1108350_2825_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RIA_NOFRIANI_1108350_2825_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas I SDN 25 Sungai Geringging bahwa pembelajaran tematik terpadu belum sesuai dengan apa yang diharapkan, dimana guru kurang memahami pembelajaran tematik, guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa dalam melakukan pengamatan, kurang memancing siswa untuk bertanya, tidak memberikan kesempatan kepada siswa dalam mencoba, belum bisa mengembangkan kemampuan menalar dan mengkomunikasikan, sehingga proses pembelajaran tematik terpadu siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa deskripsi tentang data perencanaan dan pelaksanaan yang diperoleh dari hasil observasi dan tes akhir pembelajaran berupa tes tertulis. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas I berjumlah 20 orang. Hasil penelitian siklus I pada perencanaan diperoleh nilai rata-rata 3,0 (baik), tahap pelaksanaan dari aspek guru 3,0 (baik) dan dari aspek siswa 2,5 (cukup). Sedangkan pada siklus II tahap perencanaan diperoleh nilai 3,7 (sangat baik), tahap pelaksanaan dari aspek guru 3,6 (baik) dan dari aspek siswa 3,4 (baik). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di SDN 25 Sungai Geringging Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Pembelajaran,Tematik Terpadu |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:15 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17650 |