Standard Operating Procedure Handling Check In oleh Receptionist di Front Office Department Harmoni Suites Hotel Batam

Amelia, Dinda (2018) Standard Operating Procedure Handling Check In oleh Receptionist di Front Office Department Harmoni Suites Hotel Batam. Diploma/Proyek Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_DINDA_AMELIA_16215009_3965_2018.pdf.pdf] Text
B1_04_DINDA_AMELIA_16215009_3965_2018.pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penulisan proyek akhir ini berawal dari pengamatan penulis terhadap standar
operasional pelayanan di Front Office Department Harmoni Suites Hotel Batam yang
masih kurang baik terhadap prosedur pelayanan, karena masih terdapatnya karyawan
yang masih belum mempunyai standar pelayanan itu sendiri. Sementara standard
procedure itu terdiri dari welcoming the guest and greeting, memeriksa reservasi
tamu, mengisi registration form, room payment, memberikan kunci kamar, check in
tamu di sistem, input data tamu ditelepon sistem, menyimpan registration form untuk
file. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan standard
operating procedure di Front Office Department Harmoni Suites Hotel Batam.
Jenis penulisan proyek akhir ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data berupa wawancara tentang standar operasional pelayanan di Front
Office Department pada tanggal 2 Maret 2018 sampai 10 April 2018, di Hamoni
Suites Hotel Batam yang beralamat di Jl. Imam bonjol, Nagoya, batam- Indonesia.
Sumber data yang didapatkan dari 1 (satu) orang Assistant Front Office Manager, 1
(satu) orang supervisor Front Office dan 1 (satu) orang receptionist di Front Office
Department. Teknik analisis data hotel dilakukan dilakukan untuk melihat keterkaitan
antara data yang diperoleh dengan teori yang ada secara kualitatif.
Hasil penulisan Proyek Akhir ini adalah untuk mendeskripsikan standar
operasional pelayanan di Front Office Department Harmoni Suites Hotel Batam
yaitu: 1) prosedur welcoming the guest and greeting yaitu dengan cara menyambut
dan memberi salam kepada tamu dengan sopan dan ramah. 2) Prosedur memeriksa
reservasi tamu receptionist menanyakan langsung terhadap tamu apakah tamu sudah
melakukan reservasi. 3) Prosedur Mengisi registration form receptionist memberikan
registration form yang akan diisi oleh tamu, receptionist membantu tamu dan
mengecek kebenaran data dengan identitas tamu. 4) Prosedur Room payment
receptionist langsung menanyakan kepada tamu bagaimana sistem pembayaran yang
akan dilakukan oleh tamu.. 5) Prosedur memberikan kunci kamar receptionist
membuatkan kunci kamar tamu dan menjelaskan nomor kamar tamu serta informasi
hotel. 6) Prosedur Check in tamu di sistem receptionist melengkapi data-data tamu
lalu check in tamu pada sistem. 7) Prosedur Input data tamu ditelepon sistem
Receptionist memperbaharui data tamu yang ada pada telepon sistem. 8) prosedur
Menyimpan registration form untuk file yaitu, receptionist mengurutkan data tamu
dan menyimpan sesuai dengan nomor kamar tamu

Item Type: Thesis (Diploma/Proyek Akhir)
Uncontrolled Keywords: SOP, HANDLING CHECK IN, RECEPTIONIST, FRONT OFFICE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 14 Feb 2025 04:37
Last Modified: 14 Feb 2025 04:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item
View Item