Pengaruh Pengelolaan Pengaduan dan Penerapan Standar Akurasi terhadap Kepuasan Peserta di PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Padang

Azhari, Tessa (2019) Pengaruh Pengelolaan Pengaduan dan Penerapan Standar Akurasi terhadap Kepuasan Peserta di PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_TESSA_AZHARI_3210_15042067_2019.pdf] Text
B1_05_TESSA_AZHARI_3210_15042067_2019.pdf

Download (457kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan pengaduan dan penerapan standar akurasi terhadap kepuasan peserta di PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Padang. Latar belakang penelitian ini adalah karena ditemukannya permasalahan-permasalahan pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Padang tersebut, antara lain masih terdapat ketidak sesuaian antara harapan dan yang dirasakan oleh peserta dengan masih terdapatnya kesalahan dalam pengelolaan data peserta, kurangnya minat peserta luar daerah untuk berkunjung kembai karena jarah yang harus ditembuh cukup jauh, kurangnya minat peserta merekomendasikan layanan yang diterima karena masih terdapat karyawan yang tidak menepati janji penyelesaian pengaduan, kurang jelasnya SOP pengelolaan pengaduan sehingga belum tertata dengan baik, karayawan yang berkerja ganda sehingga pengaduan peserta terabaikan, kurangnya sosialisasi terkait pengelolaaan pengaduaan kepada peserta, penerapan standar akurasi yang masih menghadapi hambatan baik kesalahan dari Taspen, Instansi Terkait, Bank Mitra dan Peserta Taspen sendiri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh pengelolaan pengaduan dan penerapan standar akurasi terhadap kepuasan peserta PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Padang. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan menggunakan metode kuantitatif dan didukung dengan data kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Peserta/Pelanggan dari PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dengan pengukuran skala likert dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik analisis uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh variabel pengelolaan pengaduan terhadap kepuasan peserta adalah sebesar 9,6%, dan pengaruh variabel standar akurasi terhadap kepuasan peserta sebesar 8,6%. Secara bersama-sama pengaruh pengeloaan pengaduan dan standar akurasi terhadap kepuasan peserta di PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Padang sebesar 12,5%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pengelolaan pengaduan dan standar akurasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan peserta di PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pengaduan, Standar Akurasi, Kepuasan Peserta.
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:15
Last Modified: 28 Jul 2025 03:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17648

Actions (login required)

View Item
View Item