Putri, Mike (2012) Pengaruh Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 1 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MIKE PUTRI_06477_2012_4798.pdf [thumbnail of final_B1_6_MIKE PUTRI_06477_2012_4798.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MIKE PUTRI_06477_2012_4798.pdf
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMK Negeri 1 Kota Solok, masih banyaknya siswa kelas XI yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada mata diklat Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) yang ditetapkan sekolah yaitu 72. Dari 30 orang siswa Sebanyak 18 orang atau 60% siswa yang berada dibawah KKM dan 12 orang atau 40% siswa yang berada di atas KKM. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya yaitu faktor internal dan faktor eksternal, serta pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar dengan Pembelajaran Explicit Instruction dengan hasil belajar yang tidak menggunakan Pembelajaran Explicit Instruction yaitu pengajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kota XI Solok Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dan dilakukan uji normalitas dan homogenitas populasi. Kelas eksperimen yang terdiri dari 30 orang siswa adalah kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan Pembelajaran Explicit Instruction dan yang menjadi kelas kontrol sebanyak 30 orang siswa adalah kelas yang menggunakan pengajaran langsung. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis secara manual untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil tes penelitian di dapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan Pembelajaran Explicit Instruction yaitu 77,9 sementara siswa yang menggunakan pengajaran langsung lebih rendah yaitu 60,3, berarti pembelajaran explicit instruction memberikan pengaruh sebesar 22,6% dari nilai rata-rata sebelum dilakukan penelitian. Dilihat dari ketuntasan belajar siswa, sebanyak 24 orang siswa atau 80% mencapai KKM. Hasil hipotesis diperoleh bahwa thitung 9,565 > ttabel (1.672), sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima atau menolak hipotesis nol (Ho). Hal ini berarti bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada ratarata hasil belajar kelas kontrol
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Explicit Intruction, Hasil Belajar, KKPI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:15 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17646 |