Penggunaan Strategi Inkuiri dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 09 Bandar Buat Padang

Shafawati, Shafawati (2016) Penggunaan Strategi Inkuiri dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 09 Bandar Buat Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SHAFAWATI_1209062_5656_2016.pdf] Text
final_B1_6_SHAFAWATI_1209062_5656_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 09 Bandar Buat Padang. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan strategi pembelajaran yang cocok, guru pada pembelajaran IPA pada umumnya masih mengajar secara teacher center, guru belum melatih siswa berani mengutarakan pendapat di kelas kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 09 Bandar Buat Padang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 09 Bandar Buat Padang yang berjumlah 26 orang siswa. Data penelitian berupa pelaksanaan pembelajaran IPA denga menggunakan instrumen penelitian berupa lembar pengamatan dan lembar tes. Hasil penelitian dari penilaian pelaksanaan aktivitas guru pada siklus I mempeoleh skor 68% dengan kualifikasi cukup, pada siklus II 85% kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I 68% kualifikasi cukup, pada siklus II 85% dengan kualifikasi sangat baik. Penilaian hasil belajar siswa pada siklus I kognitif memperoleh nilai rata-rata 71,67% kualifikasi cukup (C), afektif 48,21% kualifikasi kurang sekali dan psikomotor 48,03% kualifikasi kurang sekali. Pada siklus II kognitif memperoleh nilai rata-rata 84,08% kualifikasi baik ,afektif 81,51% kualifikasi baik dan psikomotor 81,53% kualifikasi baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Vegeri 09 Bandar Buat Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Inkuiri, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:14
Last Modified: 28 Jul 2025 03:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17636

Actions (login required)

View Item
View Item