Permatasari, Meti (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Strategi Quantum Writing Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 11 Lolong Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_METI_PERMATASARI_15657_4236_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_METI_PERMATASARI_15657_4236_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_METI_PERMATASARI_15657_4236_2014.pdf
Download (5MB)
Abstract
Pembelajaran menulis narasi di kelas IV SD Negeri 11 Lolong Kota Padang dilatar belakangi dimana siswa merasa kesulitan dalam memunculkan ide/gagasan, dan mengembangkan gagasan ke dalam bentuk karangan. Setelah siswa menulis karangan, siswa tidak melakukan tahap pasacapenulisan seperti merevisi, mengedit dan publikasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi pada tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan II siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Kegiatan penelitian ini meliputi kegiatan pengamatan awal serta penyusunan rancangan, kegiatan pelaksanaan penelitian yang terdiri dari tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan. Peneliti bertindak sebagai penyaji/praktisi dalam proses pembelajaran, sedangkan sebagai pengamat adalah guru kelas IV SD dan teman sejawat. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas IV SDN 11 Lolong Kota Padang yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 14 orang perempuan. Bardasarkan hasil penelitian Siklus I dan Siklus II menunjukan bahwa penggunaan strategi quantum writing dalam pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas IV terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi. Dimana peningkatan hasil belajar siswa itu dapat dilihat pada siklus I tahap prapenulisan 61.9%, tahap penulisan 69.1%, dan tahap pascapenulisan 67.8% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi tahap prapenulisan 79.5%, tahap penulisan 80.1% dan tahap pascapenulisan 87.9%. Berdasarkan pernyataan di atas maka rata-rata keberhasilan tindakan dalam kreteria pada siklus II adalah 82.5% berada dalam kreteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quantum Writing, Keterampilan Menulis Narasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:11 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17620 |