Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas IV SD Angkasa I Lanud Padang

Sesmiyenti, Sesmiyenti (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas IV SD Angkasa I Lanud Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SESMIYENTI_09628_1940_2016.pdf] Text
final_B1_6_SESMIYENTI_09628_1940_2016.pdf

Download (754kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dalam pembelajaran PKn karena guru belum melibatkan siswa belajar secara aktif dan kreatif.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbereds Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas IV SD Angkasa I Lanud Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah guru (peneliti sebagai praktisi) dan siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang. Data penelitian ini berupa RPP, Pelaksanaan, dan Hasil belajar siswa yang diperoleh dari pengamatan dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengamatan terhadap RPP pada siklus I rata- rata 68% kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II menjadi 86% kualifikasi sangat baik (SB). Penilaian pada aspek guru padasiklus I 71% kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II menjadi 82% kualifikasi baik (B). Penilaian aspek siswa pada siklus I 64% kualifikasi cukup (C) meningkat padasiklus II 79% kualifikasi baik (B). Nilai rata- rata hasil belajar siswa pada siklus I 73 kualifikasi cukup (C ) meningkat pada siklus II menjadi 82 kualifikasi baik (B). Dengan demikian pembelajaran PKn dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SD Angkasa I Lanud Padang telah meningkatkan hasilbelajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:11
Last Modified: 28 Jul 2025 03:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17618

Actions (login required)

View Item
View Item