Effendi, Revy Susanti (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 51 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_REVY_SUSANTI_EFFENDI_57146_3211_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_REVY_SUSANTI_EFFENDI_57146_3211_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_REVY_SUSANTI_EFFENDI_57146_3211_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan pada pembelajaran IPA dimana guru kurang melibatkan siswa dalam melakukan percobaan dan guru kurang membimbing siswa melakukan percobaan sehingga siswa menjadi kurang aktif, jenuh, kurang mendapatkan pengalaman langsung tentang materi yang diajarkan dan materi tidak dapat diingat dalam jangka waktu lama. Langkahlangkah pembelajaran pada RPP juga kurang sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan Metode Eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tahap penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Terdiri dari dua siklus dengan instrumen penelitian lembar observasi dan lembar tes. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 51 Payakumbuh. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pada: pada Siklus I (a) RPP nilainya 81%, (b) Pelaksanaan aspek guru nilainya 77%, pelaksanaan aspek siswa nilainya 75%, dan (c) Hasil belajar nilainya 73,4 (C). Kemudian meningkat pada Siklus II yaitu: (a) RPP menjadi 88% (B), (b) Pelaksanaan aspek guru menjadi 86% (B), pelaksanaan aspek siswa menjadi 86% (B), dan (c) Hasil belajar menjadi 87 (B). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 51 Payakumbuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:11 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17616 |