Marni, Revi (2011) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 50 Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_REVI_MARNI_09593_788_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_REVI_MARNI_09593_788_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_REVI_MARNI_09593_788_2012.pdf
Download (428kB)
Abstract
Pembelajaran IPA di kelas IV SDN 50 Kuranji Kota Padang belum dilaksanakan dengan menggunakan metode yang efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru masih sering menggunakan cara lama, yaitu pembelajaran satu arah yang didominasi oleh guru melalui metode ceramah. Dalam pembelajaran guru hanya bersikap sebagai pelaksana tugas dan bukan sebagai pemberi pengalaman belajar yang berarti bagi siswanya. Akibatnya siswa tidak aktif dalam pembelajaran, suasana belajar menjadi membosankan sehingga hasil belajar siswa juga menjadi rendah. Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran IPA melalui metode Eksperimen. Metode Eksperimen dirasa mampu mengatasi masalah yang ada. Pada pelaksanaan metode Eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 50 Kuranji dilaksanakan dengan 3 langkah yaitu : Persiapan Eksperimen, Pelaksanaan Eksperimen dan tindak lanjut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penilaian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 50 Kuranji Padang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus I kualifikasi keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dengan metode eksperimen adalah kurang, Ratarata hasil belajar pada siklus I adalah 67,3. kemudian pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi berkualifikasi sangat baik. Pada akhir siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 78.65. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas IV SD Negeri 50 Kuranji Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:11 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17613 |