Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas V SDN No. 20 Muara Jambu Kabupaten Pesisir Selatan

Putri, Revi Badra Jaya (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas V SDN No. 20 Muara Jambu Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_REVI_BADRA_JAYA_PUTRI_93578_2543_2012.pdf] Text
final_B1_6_REVI_BADRA_JAYA_PUTRI_93578_2543_2012.pdf

Download (469kB)

Abstract

Penelitian ini diawali dari kenyataan di Sekolah Dasar Negeri No. 20 Muara Jambu Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan bahwa nilai PKn siswa sering rendah. Hal ini disebabkan karena metode yang digunakan guru dominan metode ceramah, sehingga siswa kurang aktif, cepat bosan dan tidak berani mengeluarkan pendapat. Penggunaan metode bermain peran merupakan salah satu alternatif untuk memecahkan masalah ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas V SDN No. 20 Muara Jambu Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan Kulitatif untuk pelaksanaan proses pembelajaran dan kuantitatif untuk proses perolehan skor tes hasil pembelajaran, penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan : 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksakan dalam proses pembelajaran dengan pengamat seorang teman sejawat sebagai observer. Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan metode bermain peran ini terlihat keaktifan dan respon positif siswa, hal ini dapat dilihat dari semangat siswa sewaktu bermain peran, menonton dan mendiskusikan permainan peran. Dari hasil pembelajaran siswa pada siklus I diperoleh nilai ketuntasn siswa 70,29, siklus II diperoleh nilai ketuntasan siswa 83,81, dengan demikian terjadi peningkatan dari sebelum tindakan ke siklus I dan, siklus I ke siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN No. 20 Muara Jambu kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan .

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar PKn, Bermain Peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:10
Last Modified: 28 Jul 2025 03:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17612

Actions (login required)

View Item
View Item