Peningkatkan Hasil belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SDN 10 Hialalang Kec. Pancung Soal

Afriani, Revi (2013) Peningkatkan Hasil belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SDN 10 Hialalang Kec. Pancung Soal. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_REVI_AFRIANI_57079_1687_2013.pdf] Text
final_B1_6_REVI_AFRIANI_57079_1687_2013.pdf

Download (876kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran PKn selama ini masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dan membuat siswa menjadi jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Kurang berusaha membangkitkan pengetahuan yang sudah ada pada siswa, dan mengaitkannya dengan materi pelajaran yang akan dibahas., sehingga siswa kurang mampu dalam memgeluarkan ide-idenya. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan konstruktivis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penilaian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan. Sumber data adalah proses pembelajaran PKn di kelas IV. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IV SDN 10 Hilalang Kec. Pancung Soal sebanyak 27 orang. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu ; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I perencanaan yang telah dirancang oleh guru dengan 71% meningkat menjadi 92% pada siklus II. Kegiatan guru pada siklus I dengan 68% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Kegiatan siswa pada siklus I dengan 63% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I dengan rata-rata 67, pada siklus I pertemuan II menjadi 69, dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 88. Dengan demikian pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar,PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:10
Last Modified: 28 Jul 2025 03:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17611

Actions (login required)

View Item
View Item