Tami, Ses Yendra (2012) Peningkatan KemaPeningkatan Kemampuan Menyimak dengan Menggunakan Bisik Berantai Bagi Siswa Kelas II SDN 04 Muaro Paiti Kec.Kapur IX Kab.Lima Puluh Kotampuan Menyimak dengan Menggunakan Bisik Berantai Bagi Siswa Kelas II SDN 04 Muaro Paiti Kec.Kapur IX Kab.Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SES_YENDRA_TAMI_52383_6861_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_SES_YENDRA_TAMI_52383_6861_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SES_YENDRA_TAMI_52383_6861_2012.pdf
Download (801kB)
Abstract
Penelitian ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan dengan guru kelas II SD Negeri 04 Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX ditemui permasalahan selama ini guru belum maksimal dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Guru hanya meminta siswa menghafal dan menyebutkan kembali apa yang telah didengar dan dihafalnya, dan siswa merasa jenuh dengan pembelajaran konvesional. Tujuan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas II SDN 04 Muaro Paiti. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Pendekatan kuantitatif adalah pendekatan penelitian yang menekankan pada data numeric (angka) sedangkan pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Subjek penelitin tindakan kelas ini adalah satu orang gurudan 25 orang siswa kelas II SD Negeri 04 Muaro Paiti.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran menyimak. Hasil belajar siswa setelah penerapan bisik berantai dari siklus I dan siklus II yaitu siklus I Pertemuan I sebesar 52%, siklus I Pertemuan II sebesar 64%, Siklus II Pertemuan I sebesar 72% dan siklus II Pertemuan II sebesar 88%. Dari data tersebut terlihat bahwa nilai siswa tidak tetap, dimana setiap siklus meningkat. Penggunaan bisik berantai untuk meningkatkan kemampuan menyimak bagi siswa kelas II SD Negeri 04 Muaro Paiti Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari terwujudnya hasil belajar menyimak yang sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menyimak, Bisik Berantai Bagi Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 00:59 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 00:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17607 |