Neladepi, Serinur (2012) Peningkatan Hasil Belajar siswa dalam pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Model Student Teamachiement Division (STAD) Pada Siswa Kelas IV SDN 29 Sungai Geringging Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SERINUR NELADEPI_93808.pdf [thumbnail of final_B1_6_SERINUR NELADEPI_93808.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SERINUR NELADEPI_93808.pdf
Download (968kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN 29 Sungai Geringging Padang Pariaman sehingga ketuntasan dalam pembelajaran PKn yang diinginkan belum tercapai hal ini disebabkan karena. pembelajaran PKn masih dilaksanakan secara konvensional dengan banyak menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa tidak aktif dalam pembelajaran. Serta dalam pengembangan berbagai pendekatan pembelajaran yang masih kurang. Untuk mengtasi masalah ini pendekatan dengan model STAD salah satu pendekatan yang sangat efektif untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran PKn dengan menggunakan model STAD pada siswa kelas IV SDN 29 Sungai Geringging Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaannya terdiri dari dua siklus, dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan merefleksi tiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari semester II tahun ajaran 2011/2012 di SDN 29 Sungai Geringging Padang Pariaman, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 26 orang, data ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan hasil tes. Hasil penelitian pada setiap siklus yang telah dilaksanakan dengan pendekatan model STAD menunjukan peningkatan, baik proses pembelajaran maupun hasil belajar PKn, hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian RPP sebesar 71% pada Siklus-I dan 88% pada Siklus-II, hasil penilaian aspek guru sebesar 73% pada Siklus-I dan 92% pada Siklus-II, hasil penilaian aspek siswa sebesar 77% pada Siklus-I dan 94% pada Siklus-II, dan nilai rata-rata kelas kognitif + afektif + psikomotor adalah sebesar 72 pada Siklus-I dan 88 pada Siklus-II. Melihat hasil penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pkn dengan menggunakan metode STAD perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka meningkatkan hasil belajar dan mutu pendidikan dimasa akan datang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Menggunakan Model Student Teamachiement Division (STAD) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 00:59 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 00:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17606 |