Haosti, Septya (2014) Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Pecahan Dengan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament di Kelas V SDN 08 Padang Besi Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SEPTYA_HAOSTI_54253_6142_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_SEPTYA_HAOSTI_54253_6142_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SEPTYA_HAOSTI_54253_6142_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran perkalian pecahan belum sesuai dengan pembelajaran yang diharapkan. Guru belum membentuk siswa dalam kelompok tim secara heterogen pada saat pembelajaran,guru belum memberikan sebuah permainan Tournament sehingga bisa memotivasi siswa dan memberikan penghargaan pada kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatkan hasil belajar perkalian pecahan dengan model kooperatif tipe TGT(Team Games Tournament) Di Kelas V SDN 08 Padang Besi Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan tindakan serta hasil tes. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran perkalian pecahan menggunakan model TGT. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah peneliti,dan siswa kelas V sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukan pada aspek : pengamatan RPP pada siklus I adalah 78,6% kualifikasi baik,meningkat pada siklus 2 menjadi 92,86% kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan aspek guru 72% kualifikasi baik meningkat pada siklus 2 menjadi 93,75%kualifikasi sangat baik.Hasil pengamatan aspek siswa untuk siklus 1 diperoleh sebesar 72% kualifikasi baik meningkat pada siklus 2 menjadi 93,75% kualifikasi sangat baik.Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil persentase aspek kogitif,afektif dan psikomotor.Hasil belajar pada siklus 1 mendapat nilai rata – rata 69,49 ,meningkat pada siklus 2 menjadi 86,05.Dari hasil pengamatan dan rekapitulasi nilai yang diperoleh terlihat peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 00:59 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 00:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17604 |