Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Discovery Learning di Kelas VI SDN 44 Kalumbuk Kuranji Padang

Aisyiah, Septiana (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Discovery Learning di Kelas VI SDN 44 Kalumbuk Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SEPTIANA_AISYIAH_93544_5424_2016.pdf] Text
final_B1_6_SEPTIANA_AISYIAH_93544_5424_2016.pdf

Download (344kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi adalah pembelajaran IPA di kelas VImasih belum menghadirkan pada situasi nyata melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan metode konvensional dan belum bervariasi, sehinggahasil belajar IPA siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanpeningkatan hasil IPA dengan menggunakanmetodediscovery learninguntuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 44 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang. JenisPenelitianyang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari tiga kali pertemuan. Adapun tahaptahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalahpeneliti dan siswa kelas VI SD Negeri 44 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran IPA dengan menggunakan metodediscovery learningyaitu : 1) Rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus Iadalah76,79% dengan kriteria baik, sedangkan siklus II meningkat menjadi96% dengan kriteria sangat baik, 2) Pelaksanaan aspek guru pada siklus I adalah80% dengan kriteria baik, sedangkan siklus II meningkat menjadi 95% dengan kriteria sangat baik. Pelaksanaan aspek siswa pada siklus I adalah75% dengan kriteri baik, sedangkan siklus II meningkat menjadi 90% dengan kriteria sangat baik, 3) hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rataratapersentase ketuntasan32%sedangkan siklus IIdengan persentasenilai ratarata persentase ketuntasan meningkat menjadi 96%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metodediscovery learningdapat meningkatkan pembelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 44 Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 28 Jul 2025 00:59
Last Modified: 28 Jul 2025 00:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17602

Actions (login required)

View Item
View Item