Penerapan Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Model the Power of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di kelas III Sekolah Dasar Negeri 05 Birugo Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh

Faulina, Septia (2014) Penerapan Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Model the Power of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di kelas III Sekolah Dasar Negeri 05 Birugo Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SEPTIA_FAULINA_54263_5976_2014.pdf] Text
final_B1_6_SEPTIA_FAULINA_54263_5976_2014.pdf

Download (475kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran tematik di Kelas di kelas III Sekolah Dasar Negeri 05 Birugo Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh di peroleh masih rendah. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan Model The Power of Two. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar pada pembelajaran tematik dengan tema uang di kelas III Sekolah Dasar Negeri 05 Birugo Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif, sedangkan Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 05 Birugo Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh yang berjumlah 26 orang, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa pada akhir setiap pertemuan dalam tiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil terhadap RPP yang dapat dilihat dari persentase perolehan skor pada lembar observasi RPP yang terus meningkat dari siklus I 81,78% dengan kategori baik (B) ke siklus II menjadi 91,07% dengan kategori sangat baik (SB). Kemudian hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan guru juga mengalami peningkatan dari siklus I 79,81% dengan kategori baik (B) ke siklus II menjadi 94,25% dengan kategori sangat baik (SB) sedangkan hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 76,92% dengan kategori baik (B) ke siklus II menjadi 92,30% dengan kategori sangat baik (SB). Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata skor perolehan yang terus meningkat dari siklus I hanya 68,78 dan meningkat pada siklus II menjadi 85,21. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik dengan menggunakan Model The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 05 Birugo Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Model The Power Of Two, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 28 Jul 2025 00:58
Last Modified: 28 Jul 2025 00:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17600

Actions (login required)

View Item
View Item