Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Accelerated Intruction (TAI) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Delvia, Riri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Accelerated Intruction (TAI) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RIRI_DELVIA_18124045_1014_2020.pdf] Text
B1_1_RIRI_DELVIA_18124045_1014_2020.pdf

Download (462kB)

Abstract

Pembelajaran tematik menekankan keterlibatan peserta didik secara aktif. Kenyataannya peserta didik tidak berani mengemukakan pendapatnya, tidak terlatih bekerjasama. Proses pembelajaran kurang bermakna, tidak variatif, dan berpusat pada pendidik. Peserta didik memiliki motivasi belajar yang rendah. Model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Accelerated Intruction (TAI) adalah salah satu model yang berpengaruh terhadap hasil pembelajaran tematik pada kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Accelerated Intruction (TAI) dan motivasi belajar terhadap hasil pembelajaran tematik peserta didik kelas V Sekolah Dasar berupa aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini dengan jenis quasi eksperiment menggunakan faktorial design 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 36 Gunung SarikPadang tahun pelajaran 2019-2020. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VA dan VC. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Data penelitian diperoleh dari angket motivasi belajar dan hasil pembelajaran tematik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pengaruh model pembelajaran TAI terhadap hasil pembelajaran tematik lebih tinggi dari pembelajaran secara konvensional (thitung =2,330 > ttabel= 1,682), (2) Peserta didik bermotivasi belajar tinggi memiliki hasil pembelajaran tematik lebih tinggi menggunakan model TAI dari pembelajaran secara konvensional (t hitung =1,842 > t tabel =1,717), (3) Pesertadidik bermotivasi belajar rendah memiliki hasil pembelajaran tematik lebih tinggi menggunakan model TAI dari pembelajaran secara konvensional (thitung= 4,570> ttabel= 1,706), (4) Tidak terdapat interaksi antara model TAI dan motivasi belajar terhadap hasil pembelajaran tematik peserta didik karena diperoleh Fhitung= 1,7 < Ftabel= 4,03.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Team Accelerated Intruction (TAI); Motivasi Belajar; Hasil Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:39
Last Modified: 21 Jan 2025 07:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item
View Item