Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif denganModel PembelajaranThe Learning Cell di Kelas IV SDN 11 Lolong Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Sinta, Septia Dwi (2015) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif denganModel PembelajaranThe Learning Cell di Kelas IV SDN 11 Lolong Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SEPTIA_DWI_SINTA_18061_2225_2015.pdf] Text
final_B1_6_SEPTIA_DWI_SINTA_18061_2225_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada pembelajaran membacaintensifyaitu siswa kesulitan dalammemahami isi bacaan terhadap teks bacaan yang akan dibacanya, hal ini disebabkan karenamodel yang digunakan dalam pembelajarankurangbervariasi. Tujuan penelitian ini untuk peningkatan keterampilan membacaintensifdenganmodel pembelajaranthe learning cell. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaranthe learningcell.Subjekpenelitian ini adalah guru dan siswa yang berjumlah 24 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, yang meliputi proses pada saat kegiatan prabaca, saatbaca dan pascabaca Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dengan observasimenggunakan lembar observasi sedangkan penilaian diperoleh dengan menggunakan lembar penilaian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) pelaksanaan pembelajarandari aspek guru,pada siklus Imendapat skor70%dengan kualifikasi baik, meningkatmenjadi92,5%dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II, dan padaaspek siswasiklus I mendapat skor65%dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus IImenjadi85%dengan kualifikasi sangat baik, (b) Hasil nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah66,79, meningkat disiklus II menjadi81,44.Rata-rata siswa pada tahap prabaca siklus I dari 66,67% (cukup) meningkat menjadi 80,20% (sangat baikpada siklus II. Rata-rata siswa tahap saatbaca siklus I dari 72,25% (baik)meningkat menjadi84,75% (sangat baik)pada siklus II. Rata-rata siswa pada tahap pascabaca siklus I dari 61,45% (cukup) meningkat menjadi 79,16% (baik) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaranthe learning celldapat meningkatkan keterampilan membaca siswa khususnya dalam membaca intensif di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca Intensif, Model PembelajaranThe Learning Cell
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 28 Jul 2025 00:58
Last Modified: 28 Jul 2025 00:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17599

Actions (login required)

View Item
View Item