Pengaruh Penerapan LKS Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Dalam Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Koto XI Tarusan.

Sar, Tiara Dela (2014) Pengaruh Penerapan LKS Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Dalam Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_TIARA_DELA_SARI_96914_1216_2014.pdf] Text
B1_5_TIARA_DELA_SARI_96914_1216_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar fisika siswa belum optimal. Hal ini disebabkan penggunaanLKS di sekolah belum memberikan makna kepada siswa. LKS yang dapatmembuat siswa memahami materi adalah LKS bermuatan nilai-nilai karakter.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan LKS bermuatan nilainilai karakter dalam strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning(CTL) pada konsep elastisitas dan gerak harmonik sederhana terhadap hasilbelajar fisika siswa kelas XI IPA SMA N 1 Koto XI Tarusan.Jenis penelitian yang dilakukan eksperimen semu dengan rancanganRandomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah semua kelasXI IPA SMA N 1 Koto XI Tarusan pada Tahun Ajaran 2013/2014. Pengambilansampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian adalahkelas XI IPA 2 dan kelas XI IPA 5. Instrumen penelitian berupa tes akhir untukhasil belajar ranah kognitif, format observasi untuk hasil belajar ranah afektif,nilai-nilai karakter dan ranah psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji tpada taraf nyata 0,05 untuk ketiga ranah.Hasil penelitian diperoleh dari setiap ranah untuk kriteria penerimaan Ho –t(1-1/2 α)< t < t(1-1/2 α), dengan nilai ttabel untuk setiap ranah adalah 2,00. Hasil perhitungan thitung pada ranah kognitif adalah 2,188; thitung pada ranah afektif adalah 4,948; thitungpada ranah psikomotor adalah 2,631. Nilai thitung untuk semua ranah berada padadaerah penolakan Ho sehingga Hi diterima. Jadi, terdapat pengaruh penerapanLKS bermuatan nilai-nilai karakter dalam strategi pembelajaran ContextualTeaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPASMA N 1 Koto XI Tarusan pada taraf kepercayaan 0,95

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR FISIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 28 Jul 2025 00:58
Last Modified: 28 Jul 2025 00:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17595

Actions (login required)

View Item
View Item