Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Make a Match di Kelas V SD Negeri 09 Bato Pariaman.

Wahyudi, Wahyudi (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Make a Match di Kelas V SD Negeri 09 Bato Pariaman. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_WAHYUDI_11936_5790_2014.pdf] Text
final_B1_6_WAHYUDI_11936_5790_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di SD Negeri 09 Bato Pariaman bahwa proses pembelajaran IPS masih belum maksimal dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanakan dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe make a match di kelas V SD Negeri 09 Bato Pariaman.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 orang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2013/2014. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase pengamatan RPP pada siklus I adalah 80,50% meningkat pada siklus II menjadi 89,28%. Ini juga terlihat dari pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 80,00% meningkat menjadi 90,00% pada siklus II dan dari aspek siswa siklus I diperoleh 78,75% meningkat menjadi 90,00% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada penelitian siklus I adalah 73,98 meningkat menjadi 84,18 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Model Cooperative Learning, tipe Make a Match.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 28 Jul 2025 00:57
Last Modified: 28 Jul 2025 00:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17584

Actions (login required)

View Item
View Item