Amriyeni, Merisa (2013) Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tari Daerah Setempat Kelas X SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MERISA_AMRIYENI_83854_3368_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_MERISA_AMRIYENI_83854_3368_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MERISA_AMRIYENI_83854_3368_2013.pdf
Download (628kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari daerah setempat kelas X SMA Negeri 8 Padang ditinjau dari kisi-kisi dan butir soal uji coba tes akhir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA 8 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 306 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 77 orang yang diambil dengan teknik Culster Sampling. Data pada penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari daerah setempat dengan menggunakan media audio visual dan tanpa media audio visual siswa kelas X SMA 8 Padang. Analisis data pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskriptif data, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis atau uji t-test yang nantinya digunakan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari daerah setempat kelas X SMA Negeri 8 Padang. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, setelah dilakukan uji coba untuk tes hasil belajar berupa tes objektif diperoleh reliabilitas soal 0,43 dengan kriteria sedang. Kedua, hasil belajar siswa pada ranah kognitif untuk kelas eksperimen memperoleh rata-rata 80,82. Ketiga, hasil belajar siswa pada ranah kognitif untuk kelas kontrol memiliki rata-rata 70,97. Dengan demikian penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari daerah setempat lebih baik daripada tanpa penerapan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari daerah setempat kelas X SMA 8 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual, Hasil Belajar, Pembelajaran Tari |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 00:56 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 00:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17572 |