Trismon, Sepria (2013) Peningkatan Hasil Belajar Luas Jajar Genjang dan Segitiga dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 20 Limo Balai Ampek Angkek. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SEPRIA_TRISMON_56949_1990_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_SEPRIA_TRISMON_56949_1990_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SEPRIA_TRISMON_56949_1990_2013.pdf
Download (601kB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi peneliti terhadap guru dan siswa kelas IV SD Negeri 20 Limo Balai Ampek Angkek dari ulangan harian siswa pada pembelajaran luas jajar genjang dan segitiga tahun pembelajaran 2011/2012, guru belum melaksanakan pembelajaran yang berhubungan dengan kehidupan seharihari siswa. Sehingga rata-rata hasil belajar luas jajar genjang dan segitiga yaitu 57 belum mencapai KKM yang ditetapkan adalah ≥ 70. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar luas jajar genjang dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan . Siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 20 Limo Balai Ampek Angkek. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pada: a) RPP siklus I adalah 69,5 % pada siklus II menjadi 86 %, b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I adalah 69,5 % pada siklus II menjadi 88,5 % dan pada aspek siswa siklus I adalah 61,5 % pada siklus II menjadi 83,5 %, dan c) hasil belajar siklus I aspek kognitif ketuntasan hasil belajar adalah 52,5 pada siklus II menjadi 85, aspek afektif siklus I rata-rata hasil belajar 62,7 pada siklus II menjadi 77,15 dan pada aspek psikomotor siklus I rata-rata hasil belajar 61,95 pada siklus II menjadi 75,32. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran luas jajar genjang dan segitiga.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Luas Jajar Genjang dan Segitiga, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 00:50 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 00:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17560 |