Peningkatan Hasil Belajar Menentukan FPB Dan KPK Dengan Model Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas V SDN 06 Ranah Batahan Pasaman Barat

Nasution, Sepdiana (2013) Peningkatan Hasil Belajar Menentukan FPB Dan KPK Dengan Model Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas V SDN 06 Ranah Batahan Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SEPDIANA_NASUTION_58333_1821_2015pdf.pdf] Text
final_B1_6_SEPDIANA_NASUTION_58333_1821_2015pdf.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar Menentukan FPB dan KPK rendah, hal ini disebabkan oleh ketidaktepatan guru menggunakan pendekatan dalam pembelajaran, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa belum terbiasa bekerja kelompok.Peneliti menerapkan model TAI. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Menentukan FPB Dan KPK dengan penerapan pembelajaran mode TAI. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 06 Ranah Batahan, berjumlah 20 anak, 8 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 86%, pada siklus II 94%. Hasil pengamatan tentang pelaksanaan pembelajaran dari segi guru pada siklus I adalah: 82,5%, pada siklus II 94%. Dari segi siswa pada siklus I 82,5%, pada siklus II 93%. Rata-rata hasil belajar siklus I yaitu 65,4%, Siklus II yaitu 75,4. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran Menentukan FPB Dan KPK dengan menggunakan model TAI dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Menentukan FPB dan KPK ; Model TAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 28 Jul 2025 00:50
Last Modified: 28 Jul 2025 00:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17558

Actions (login required)

View Item
View Item