Pengembangan Multimedia Interaktif Kahoot pada Pembelajaran Tematik Terpadu bagi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Liandari, Vonia (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Kahoot pada Pembelajaran Tematik Terpadu bagi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_Vonia_Liandari_18129094_1193_2022.pdf] Text
final_B1_6_Vonia_Liandari_18129094_1193_2022.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengembangan media yang inovatif dan menyenangkan bagi peserta didik serta belum dikembangkannya media pembelajaran berbasis teknologi, sehingga guru perlu menciptakan suatu media pembelajaran yang inovatif sebagai alat dan sarana untuk meningkatkan motivasi peserta didik proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif Kahoot pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis.
Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah Research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Plompp dengan tahapan studi pendahuluan (preliminary research), tahap pengembangan produk (development and prototype phase) dan tahap penilaian (assessment). Penelitian ini dilakukan di SD Pembangunan Laboratorium UNP. Media yang telah dirancang divalidasi terlebih dahulu oleh validator kemudian diujicobakan ke SD Pembangunan Laboratorium UNP untuk mengetahui praktikalitas dari media yang dikembangkan.
Hasil penelitian yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas media pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu dengan jumlah keseluruhan nilai validasi 87,3% dalam kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji coba praktikalitas media pembelajaran berupa multimedia interaktif Kahoot pada pembelajaran tematik terpadu dinyatakan sangat praktis. Hal ini dapat dilihat dari respon guru dan respon peserta didik. Dimana angket respon guru memperoleh nilai 95% dalam kategori sangat praktis dan 19 angket respon peserta didik memperoleh nilai 96,2% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, maka pengembangan media pembelajaran berupa multimedia interaktif Kahoot pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Kahoot, Model Plomp
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 25 Jul 2025 10:00
Last Modified: 25 Jul 2025 10:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17543

Actions (login required)

View Item
View Item