Pengaruh Moving Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-Kanak Darul Falah Lubuk Buaya, Padang

Tanjung, Andriana (2017) Pengaruh Moving Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-Kanak Darul Falah Lubuk Buaya, Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_ANDRIANA_TANJUNG_1300705_4825_2017.pdf] Text
final_B1_07_ANDRIANA_TANJUNG_1300705_4825_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang, bahwa kemampuan membaca anak belum berkembang dengan optimal. Hal tersebut ditunjukkan dengan masih rendahnya kemampuan membaca anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Media Moving Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yang berbentuk quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang, dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster sampling, yaitu kelas B3 dan kelas B4 masing-masingnya berjumlah 12 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpul data menggunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelas eksperimen adalah 87,5 dan SD sebesar 8,77 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 78,75 dan SD sebesar 6,51. Pada pengujian hipotesis diperoleh t sebesar (2,6569 dan t tabel hitung sebesar 2,074 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 22. Maka dapat disimpulkan bahwa media moving flashcard berpengaruh terhadap kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Moving Flashcard, Kemampuan Membaca Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 25 Jul 2025 08:01
Last Modified: 25 Jul 2025 08:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17533

Actions (login required)

View Item
View Item